Faktor Yang Mempengaruhi Daya Saing Bengkel Smc Dan Ahass Terhadap Kepuasan Pelanggan

  • irwan herdiansyah sekolah tinggi teknologi wastukancana
  • Osep Hijuzaman
  • Muhammad Ali Akbar
  • Bintang Nidia Kusuma
Keywords: kualitas pelayanan, persepsi harga, lokasi, sem

Abstract

Bengkel SMC Workshop dan Bengkel AHASS adalah salah satu jenis usaha yang terlibat dalam layanan perbaikan kendaraan. Ketika awal  Bengkel ini buka bengkel ini sangat ramai dikunjungi banyak pelanggan dari berbagai kalangan, tetapi beberapa bulan kemarin justru tidak seramai ketika awal bengkel ini buka. Penyebab sepi pelanggan yaitu karena belum pernah dilakukan pengukuran terhadap kepuasan pelanggan di bengkel ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, persepsi harga, dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan di Bengkel SMC Workshop dan Bengkel AHASS Purwakarta. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dan penentuan jumlah sampel pada penelitian ini dengan menggunakan rumus slovin menghasilkan responden sebanyak 190 responden, data yang digunakan adalah data primer dengan teknik kuesioner, pengujian hipotesis dilakukan dengan teknik analisis regresi linier berganda menggunakan uji two- tailed dengan aplikasi Analysis of moment structure versi 24. Hasil penelitian menunjukan kualitas pelayanan tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan         pelanggan di Bengkel SMC Workshop dan Bengkel AHASS Purwakarta sedangkan untuk variabel kualitas persepsi harga dan Lokasi tidak berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Bengkel SMC Workshop dan Bengkel AHASS Purwakarta.

Published
2024-09-06
How to Cite
herdiansyah, irwan, Hijuzaman, O., Akbar, M., & Kusuma, B. (2024). Faktor Yang Mempengaruhi Daya Saing Bengkel Smc Dan Ahass Terhadap Kepuasan Pelanggan. Manajemen & Bisnis Jurnal, 10(2), 65-73. https://doi.org/10.37303/embeji.v10i2.216