PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR DI DINAS PERHUBUNGAN KAB. BLITAR

  • Merly Nur Intan Firdauzy
  • Yayuk Ngesti Rahayu
  • FX Agus Agus Subroto
Keywords: Customer Quality, Customer Value, Customer Satisfaction

Abstract

Abstract. Motor vehicle testing is an important thing to test the roadworthiness of a
goods vehicle or person with certain provisions. This study discusses the quality of
service and customer value on customer satisfaction by using motor vehicle testing
services at the District Transportation Office. Blitar. The population of this study
was taken from the test applicants and the samples used in this study were 73
respondents. The sampling technique used is probability sampling with the type of
sampling that is Simple Random Sampling. The analytical method used in this study
is using multiple linear regression with the help of the Statistical Package for Social
Sciences (SPSS). The results of the Hypothesis Test indicate that service quality and
customer value have a significant positive effect on customer satisfaction

References

Agung Santoso, (2018). Analisis Kualitas Pelayanan Uji Kir Terhadap Kepuasan Masyarakat Pengguna Jasa Kir di Dinas Perhubungan Kota Kediri. Jurnal Sosial dan Ilmu Administrasi Negara. Volume 2, Nomor 1.

Apriani, Sunarti (2014) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Administrasi Bisnis. Volume 51, Nomor 2

Diantari, Suartina & Oktarini (2021) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kenyamanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online (Studi Pada Pelanggan Go-Jek di Denpasar Bali). Jurnal Manajemen,

Kewirausahaan dan Pariwisata. Volume 1, Nomor 4, Halaman 1321-1329

Endra, Dian (2022) Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat terhadap Penerapan Blue Sistem pada Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor di Kota Denpasar. Jurnal Widya Manajemen. Volume 4, Nomor 1

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Henriawan 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan pelanggan

Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Competition. Volume 6, Nomor 2, Halaman 71-82

Hakim, L. (2020). Etika Bisnis Dalam Corporate Social Responsibility Untuk Penguatan Promosi Sekolah Menengah Kejuruan Kota Malang. Pangripta, 3(1), 447-455

Mardika, Farida, (2013). Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan, Melalui Kepuasan Pelanggan pada pelanggan Bus

Efisiensi. Jurnal Administrasi Bisnis.Volume 2, Nomor 2

Paputungan, Tamengkel & Panuindong (2022), Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan pelanggan PT. Telkom Kotamobagu. Jurnal Productivity. Volume 3, Nomor 2

Purnamasari, I. Budaya Organisasi, Gaya Kepemimpinan, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Motivasi Sebagai Variabel Mediasi. Manajemen dan Bisnis Jurnal. 7 (1) 1-13.

Ratih Andalusi, (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Instrumen Penunjang Laboratorium (Studi Kasus pada PT. Laborindo Sarana Jakarta). Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora. Volume 1, Nomor 2, Halaman 302-322

Sanita, E. K., Suharto., & Limgiani. (2020). Quality of Customer Service and Satisfaction On Loyalty Mediated By Customer Trust. International Journal of Business Marketing and Management. (5) 8. 51-57

Santoso, Wahyuati (2015). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan

Konsumen pada PT. Adi Raharja Utama Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset.

Volume 5, Nomor 2.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan ke- 24. Bandung: Alfabeta.

Suhartati, Sugiyanto, (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Nilai Pelanggan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Apotek K24 Rawabuntu. Jurnal Humanities, Management and Science Proceedings. Volume 2, Nomor 2.

Wiryawan, Nur (2017) Pengaruh Evektifitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Pelabuhan Speedboad Kayan II Tanjung Selor. Jurnal Akuntabel. Volume 14, Nomor 1

Yunus, Budiyanto (2014) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Volume 3, Nomor 1

Published
2023-05-04
How to Cite
Firdauzy, M., Rahayu, Y., & Subroto, F. A. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR DI DINAS PERHUBUNGAN KAB. BLITAR. Manajemen & Bisnis Jurnal, 9(1), 7-15. https://doi.org/10.37303/embeji.v9i1.169
Section
Articles