https://mbj.wisnuwardhana.ac.id/index.php/mbj/issue/feed Manajemen & Bisnis Jurnal 2024-09-08T05:21:46+00:00 Dr. Ratnawati, SE., MM. ratnawati_unidha@yahoo.com Open Journal Systems <p>.Manajemen &amp; Bisnis Jurnal menerbitkan artikel ilmiah dibidang manajemen, bisnis dan sangat menghargai pikiran-pikiran baru yang inovativ serta menantang untuk memicu lahirnya inovasi konsep dan praktik dibidang manajemen dan bisnis</p> https://mbj.wisnuwardhana.ac.id/index.php/mbj/article/view/204 Pengaruh Lingkungan Kerja dan Jaminan Sosial Terhadap Kinerja Karyawan Dimediasi oleh Kepuasan Kerja di Rumah Sakit 'Aisyiyah Bojonegoro 2024-09-02T04:07:31+00:00 Imansyah Faqihuddin imansyahfaqih@gmail.com Misbahuddin Azzuhri imansyahfaqih@gmail.com <p><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh lingkungan kerja dan jaminan sosial terhadap kepuasan kerja melalui kinerja karyawan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatori yaitu menjelaskan hubungan sebab akibat antar variabel penelitian melalui pengujian hipotesis yang dirumuskan. Sampel penelitian ini berjumlah 196 responden yang merupakan pegawai RSUD 'Aisyiyah Bojonegoro. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang diukur dengan skala likert. Uji instrumen dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, lingkungan kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai, jaminan sosial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, jaminan sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai, kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai, lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai melalui kepuasan kerja, dan jaminan sosial berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai melalui kepuasan kerja</span></span></em></p> 2024-09-02T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://mbj.wisnuwardhana.ac.id/index.php/mbj/article/view/211 Analisis Anteseden Produktivitas Kerja dan Kepuasan Kerja pada Karyawan Bank di Kepulauan Riau 2024-09-01T18:06:47+00:00 Ridhayati Farid ridhayati.f@gmail.com Muhammad Naufal Dzaky naufaldzaky266@gmail.com Rizni Aulia Qadri aulia37qadri@gmail.com Sarfilianti Anggiani sarfilianty@trisakti.ac.id <p><em>The purpose of this study is to analyze the influence of the implementation of e-HRM, the use of technology and information, HR services and the quality of innovation on employee productivity and job satisfaction. This research was conducted on the banking sector in the city of Tanjungpinang, Riau Islands Province, Indonesia. The respondents to this study were 250 who were bank employees in the city of Tanjungpinang. The questions in this research questionnaire are 34 questions that cover all research variables and are filled out through a google form. The research data was processed by analysis using SPSS. The results of this study show that the use of ICT and the quality of innovation used by employees in working have a positive effect on work productivity and job satisfaction. Meanwhile, the implementation of eHRM and the quality of HR services do not have a significant impact on employee work productivity.</em></p> 2024-09-03T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://mbj.wisnuwardhana.ac.id/index.php/mbj/article/view/213 Pengaruh Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mie Gacoan di Cirebon 2024-09-01T18:06:47+00:00 Rifda Labibah Putri rifda.putri.mj.21@cic.ac.id Oryz Agnu Dian Wulandari oryz.wulandari@cic.ac.id <p><em>In the current era of digitalization, each company has a different product marketing strategy. One of them is by setting a product price strategy without reducing the quality of service that will influence consumer purchasing decisions. This study aims to determine the effect of price and service quality on consumer purchasing decisions for Mie Gacoan Cirebon. The type of method used in this research is quantitative method. Data collection techniques in this study using data from questionnaires distributed online. The population in this study were consumers of Mie Gacoan. The author used a nonprobability purposive sampling method which resulted in 100 respondents using the Smart PLS 4.0 analysis tool. The results in this study indicate that price and service quality have a positive and significant effect on consumer purchasing decisions for Mie Gacoan Cirebon.</em></p> 2024-09-03T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://mbj.wisnuwardhana.ac.id/index.php/mbj/article/view/214 Penerapan Model Grover dalam Memprediksi Kebangkrutan pada Sektor Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2024-09-08T05:21:46+00:00 Berlian Ernita Putri b1031211195@student.untan.ac.id Nella Yantiana nella.yantiana@ekonomi.untan.ac.id Angga Permadi Karpriana angga.permadi.k@ekonomi.untan.ac.id <p><em>This study aims to observe and predict bankruptcy in the pharmaceutical sector listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) using the Grover analysis method. The population size is 3 (three) years with the period (2021-2023). The data analysis method in this research is descriptive quantitative using secondary data sources. The data analysis techniques used are descriptive statistics and Accuracy Level Test. The results showed that the most accurate prediction model in predicting bankruptcy of pharmaceutical sector companies is Grover with an accuracy rate of 97% and an error rate of 3%. Judging from the 2021-2023 period, there are 13 companies listed as the pharmaceutical sector on the IDX. This shows that there are 11 companies that are in the category of not bankrupt or in a healthy condition with a G-Score value above 0.01. However, there are 2 companies that experience gray areas, namely PT Indofarma (Persero) Tbk which occurred in 2022 and 2023 and PT Kimia Farma (Persero) Tbk which occurred in 2023.</em></p> 2024-09-03T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://mbj.wisnuwardhana.ac.id/index.php/mbj/article/view/215 Pengaruh Harga, Promosi terhadap keputusan pembelian pada pengguna aplikasi Grab Food di kota Cirebon 2024-09-02T04:13:51+00:00 ziddan azra priyadi ziddanazrapriyadiii@gmail.com Dewi Laily Purnamasari dewilailypurnamasari@gmail.com Yuningsih Yuningsih yuningsih@cic.ac.id <p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Pada penelitian kali ini kita akan menganalisis bagaimana pengaruh harga, promosi terhadap keputusan pembelian Grab </span></span></span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Food</span></span></span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> pada oengguna aplikasi grab di kota Cirebon. Sampel yang akan saya gunakan dalam penelitian kali ini adalah para pengguna aplikasi grab itu sendiri khususnya di kota Cirebon. Populasi yang saya gunakan adalah pengguna Grab </span></span></span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Food</span></span></span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> dikota Cirebon. Metode dalam pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode Radom Sampling. Sehingga diperoleh 100 sampel pengguna aplikasi Grab </span></span></span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Food</span></span></span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> . Metode yang saya gunakan adalah Kuantitatif dan sumbernya adalah data primer berupa kuesioner. Dan penelitian ini menggunakan metode analisis regresi berganda dengan menggunakan bantuan software SmartPLS v4. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel harga, promo memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian pada aplikasi grab Food. Mengingat aplikasi Grab </span></span></span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Food</span></span></span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> sendiri menduduki peringkat pertama dalam hal </span></span></span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Groos Merchandise Value</span></span></span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> .</span></span></span></span></p> 2024-09-04T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://mbj.wisnuwardhana.ac.id/index.php/mbj/article/view/216 Faktor Yang Mempengaruhi Daya Saing Bengkel Smc Dan Ahass Terhadap Kepuasan Pelanggan 2024-09-06T05:03:27+00:00 irwan herdiansyah irwanherdiansyah528@gmail.com Osep Hijuzaman irwanherdiansyah431@gmail.com Muhammad Ali Akbar irwanherdiansyah431@gmail.com Bintang Nidia Kusuma irwanherdiansyah431@gmail.com <p>Bengkel SMC <em>Workshop </em>dan Bengkel AHASS adalah salah satu jenis usaha yang terlibat dalam layanan perbaikan kendaraan. Ketika awal &nbsp;Bengkel ini buka bengkel ini sangat ramai dikunjungi banyak pelanggan dari berbagai kalangan, tetapi beberapa bulan kemarin justru tidak seramai ketika awal bengkel ini buka. Penyebab sepi pelanggan yaitu karena belum pernah dilakukan pengukuran terhadap kepuasan pelanggan di bengkel ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, persepsi harga, dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan di Bengkel SMC <em>Workshop</em> dan Bengkel AHASS Purwakarta. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah <em>simple random sampling </em>dan penentuan jumlah sampel pada penelitian ini dengan menggunakan rumus slovin menghasilkan responden sebanyak 190 responden, data yang digunakan adalah data primer dengan teknik kuesioner, pengujian hipotesis dilakukan dengan teknik analisis regresi linier berganda menggunakan uji two- tailed dengan aplikasi <em>Analysis of moment structure </em>versi 24. Hasil penelitian menunjukan kualitas pelayanan tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; pelanggan di Bengkel SMC <em>Workshop</em> dan Bengkel AHASS Purwakarta sedangkan untuk variabel kualitas persepsi harga dan Lokasi tidak berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Bengkel SMC <em>Workshop</em> dan Bengkel AHASS Purwakarta.</p> 2024-09-06T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://mbj.wisnuwardhana.ac.id/index.php/mbj/article/view/217 PENGARUH AFFILIATE MARKETING, CELEBRITY ENDORSER, FREE SHIPPING DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP PURCHASE DECISION 2024-09-07T06:54:43+00:00 Gregorius Vichito Gabriel gregovichito@student.ub.ac.id Dian Ari Nugroho bpjfeb@ub.ac.id <p><em>This research aims to determine and explain the influence of affiliate marketing, celebrity endorsers, free shipping and online customer reviews on purchase decisions. This type of research is explanatory research. This research had 115 respondents using a non-probability sampling method with accidental sampling technique. The data analysis carried out was descriptive analysis, classical assumption testing, multiple linear regression analysis and hypothesis testing. The results of testing the four variables can be concluded that the affiliate marketing, celebrity endorser and free shipping variables have a positive and significant effect on purchase decisions on the Lazada Application, while the online customer review variable does not have a positive and significant effect on purchase decisions on the Lazada Application. Three variables such as affiliate marketing, celebrity endorsers and free shipping can influence purchase decisions so that companies can maintain and provide regular innovations related to this marketing strategy, such as making it more efficient and making it easier for users to access this marketing strategy. The online customer review variable has no influence on purchase decisions, therefore companies can optimize and evaluate this strategy in the future in order to increase purchase decisions and sales.</em></p> 2024-09-07T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement##